Tuesday, January 18, 2011

INDONESIA MEMPUNYAI RANGKING NEGARA KONSUMTIF TERBESAR DI ASIA

Oleh: Pribumi, Ada pandangan kecil dari kebiasaan pemerintah yang buru-buru membuka pasar bebas untuk Indonesia namun keuntungan yang di dapat bagi kita hanya bisa memakai dan tampil trendy dengan gaya-gaya yang datang menjual dan menjamur di bumi Indonesia kita, salah satu contoh lihat style anak sekarang dengan orang dulu dimana style budaya kita tidak satu pun yang Nampak, di sebabkan katrok atau ketinggalan jaman, padahal klo kita telusuri dalam membangun sebuah karakter kebudayaan merupakan hal sesuatu sulit diperlukan kekompakan dan pengakuan besar dari semua kalangan, sehingga tidak heran klo diantara sebagian khas budaya kita di duplicat bahkan di klaim oleh Negara lainnya, kalo sudah seperti ini siapa yang akan di salahkan, pemerintah ap rakyatnya!!?. Lantas bagaimana karakteristik daerah yang terkenal ke-khasan budayanya? Seperti Jogja dan Madura, Apakah nasibya akan sama dengan daerah-daerah lainnya yang kurang mempunyai karakter kebudayaan? Mungkin sudah bertanda akan hilangnya tradisi kultur masyarakat di awali rasa ketidak banggaannya terhadap kultur sendiri. Sehingga membuat prestasi tersendiri bagi Negara kita. Seperti contoh di bawah ini, Rangking-rangking Indonesia : Dari Google : VIVAnews mengatakan: Agen penjualan iklan Google asal Indonesia, DGtraffic baru saja menyabet penghargaan Googlies 2010 Event Award atas keberhasilannya mensosialisasikan program Google AdWords di kalangan Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. "Kami terpilih sebagai yang terbaik di kategori ini untuk seluruh wilayah Asia Tenggara," ujar Andi Silalahi, Head of Global Brands and Multi National Companies DGtraffic, yang baru menerima penghargaan tersebut di Odeon Tower 33 North Bridge Road Level 3 Singapura, 9 Desember 2010 lalu. DGtraffic sendiri mengklaim sebagai perusahaan Indonesia mitra Google pertama yang mendapatkan Google Advertising Certified Partner. Perusahaan yang didirikan oleh Herman Chang pada pertengahan 2008 itu, kini telah memiliki banyak klien besar yang beriklan di platform Google, seperti Nokia, LG, HP, dan XL Axiata. DGtraffic sendiri mengaku bahwa pendapatan terbesar mereka kebanyakan berasal dari berbagai perusahaan multinasional. "85 - 90 persen revenue kami berasal dari global brand," kata Andi. Namun demikian, pertumbuhan klien UKM yang mulai beriklan menurutnya juga meningkat secara signifikan. Kini, DGtraffic mengaku telah melakukan sosialisasi kepada sekitar 1000 UKM di Indonesia melalui seminar-seminar di berbagai daerah. UKM yang mulai beriklan melalui platform Google sendiri, kata Andi, berasal dari berbagai bidang bisnis. Antara lain mulai dari usaha makanan, pakaian, furnitur, jasa desain rumah, hingga sewa peralatan pesta. "Sekarang, tukang bakso pun sudah mulai goes Google," kata Andi. Ia mengklaim platform Google merupakan platform yang cukup ampuh untuk memasarkan produk-produk UKM secara tepat sasaran. Sebab, kata Andi, saat ini pengguna internet biasanya melakukan riset melalui mesin pencarian internet sebelum melakukan pembelian secara offline. Beriklan di platform Google tak cuma membuat produk-produk mereka muncul di berbagai layanan internal milik Google, YouTube, melainkan juga di jaringan situs yang berafiliasi dengan Google AdSense hingga jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Friendster, Hi-5, atau LinkedIn. "Kami memang tidak bisa mengklaim bahwa beriklan melalui kami merupakan yang termurah, tapi kami berani mengklaim bahwa beriklan di platform ini merupakan cara yang paling efisien dalam hal biaya (cost-effective)," katanya menggebu sambil berpromosi. Dari AIRLINE Kompas.com-BERKAT berbagai pencapaian yang diraih sejalan dengan program transformasi bisnis yang dilaksanakan selama ini, Garuda Indonesia mendapat penghargaan "World's Most Improved Airline" dari Skytrax, London (lembaga independen pemeringkat maskapai penerbangan dunia). Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia Agus Priyanto dari Chairman Skytrax Edward Plaisted dalam acara "Skytrax 2010 World Airline Awards" yang dilaksanakan di Hamburg, Jerman (20/5). Penghargaan tersebut merupakan sebuah bentuk pengakuan internasional terhadap keberhasilan Garuda Indonesia dalam melakukan transformasi perusahaan secara keseluruhan. Selain itu juga pengakuan terhadap berbagai kemajuan yang dicapai Garuda Indonesia sehingga menjadikannya salah satu maskapai penerbangan Asia yang paling sukses dan menguntungkan. Keuntungan disini hanya dari sebagian pihak, namun tetap lebih banyak orang lain,,!! Waah,, bener-bener sungguh tragis,,!! Dari ELEKTRONIK. Bukannya Indonesia tidak bisa membuat seperti Negara-negara Produksi Elektronik, namun orang pintar di Indonesia tidak diakui malah mau di buang dan di kontrak oleh Negara lainnya, contoh saja Alm. BJ. Habibie bekas Presiden dan Wakil Presiden RI, oleh karena itu sangat jelas bukan SDA yang di salahkan bukan pula karena kekurangan SDM kita tapi pemerintahlah yang harus berintropeksi diri agar Negara ini bisa berkembang menjadi Negara maju dan tidak lagi di kibulin dengan Negara-negara lainnya. Dalam contoh barang-barang elektronik yang ada di Indonesia tidak perlu di Tanya lagi itu produk siapa? Indonesia boleh bangga : UNESCO mengakui Batik Indonesia dengan memasukkannya ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-Benda di Abu Dhabi, pada 2 Oktober 2009. Dubes Indonesia untuk Persatuan Emirat Arab (UAE) M. Wahid Supriyadi yang mengenakan batik turut serta menghadiri sidang yang bersejarah tersebut. Bersama dengan Batik Indonesia, badan PBB itu telah menerima 111 nominasi elemen budaya dari 35 negara, dan hanya 76 yang diakui dan dimasukkan dalam daftar tersebut. Sebelumnya pada tahun 2003 dan 2005, UNESCO telah mengakui Wayang dan Keris sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity) dan telah dimasukkan ke dalam Representative List pada tahun 2008. Masuknya Batik Indonesia dalam daftar merupakan pengakuan internasional terhadap salah satu mata budaya Indonesia, yang diharapkan dapat memotivasi dan mengangkat harkat para pengrajin batik serta mendukung usaha peningkatan kesejahteraan rakyat. Namun MADE IN Indonesia hanya ada pada Batik itu pun masih bersaing berat dengan Batik-Batik hasil Jepang yang terkenal Murah. Apakah ini akan akan menyebabkan permasalahan dengan adanya pasar bebas itu sendiri,, Penyebab pasar bebas yang telah menjamur di negeri ini adalah rangka pengembangan masyarakat kita agar tidak ketinggalan jaman, sedangkan Pasar bebas itu sendiri adalah pasar ideal, di mana seluruh keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah sukarela, dan oleh karena itu tanpa maling. atau, kegiatan jual beli yang tidak ada atau tidak memiliki hambatan. Seperti pajak, dan lain-lain. Ekonomi pasar bebas adalah ekonomi di mana pasar relatif bebas. Pasar bebas diadvokasikan oleh pengusul ekonomi liberalisme. Adapun hubungannya dengan Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya. Perdagangan bebas dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda. Perdagangan internasional sering dibatasi oleh berbagai pajak negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang ekspor impor, dan juga regulasi non tarif pada barang impor. Secara teori, semuha hambatan-hambatan inilah yang ditolak oleh perdagangan bebas. Namun dalam kenyataannya, perjanjian-perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian-perjanjian tersebut sering dikritik karena melindungi kepentingan perusahaan-perusahaan besar. Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_bebas, di akses 18-01-2011. http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas, di akses 18-01-2011. http://www1.kompas.com/seremonia/read/613/garuda.indonesia.dianugerahi.penghargaan.worlds.most.improved.airline.dari.skytrax, di akses 18-01-2011. http://traveltourismindonesia.wordpress.com/2009/10/20/dibalik-dan-dihadapan-pengakuan-unesco-atas-batik/

No comments:

Post a Comment

silahkan anda berkomentar namun dengan tidak melakukan spam